Apple diperkirakan akan meluncurkan iOS 13, versi utama berikutnya dari sistem operasi iPhone dan iPad, di Worldwide Developers Conference tahunan, yang dimulai pada 3 Juni.

Mode Gelap dan Multitasking

Pertama, Mode Gelap yang ditunggu-tunggu akhirnya datang ke iPhone dan iPad dengan iOS 13. Akan ada Mode Gelap seluruh sistem yang dapat diaktifkan di Pengaturan, termasuk versi kontras tinggi, mirip dengan apa yang sudah tersedia di macOS. Berbicara tentang macOS, aplikasi iPad yang berjalan di Mac menggunakan Marzipan akhirnya akan memanfaatkan dukungan Mode Gelap di kedua sistem.Ada banyak perubahan yang datang ke iPad dengan iOS 13, termasuk kemampuan aplikasi untuk memiliki banyak jendela. Setiap jendela juga akan dapat berisi lembaran yang pada awalnya melekat pada sebagian layar, tetapi dapat dilepaskan dengan gerakan seret, menjadi kartu yang dapat dipindahkan dengan bebas, mirip dengan apa yang disebut proyek sumber terbuka bernama “PanelKit ” bisa melakukan.Kartu-kartu ini juga dapat ditumpuk di atas satu sama lain, dan menggunakan efek kedalaman untuk menunjukkan kartu mana yang di atas dan mana yang di bawah. Kartu-kartu dapat dibuang untuk menghilangkannya.

Undo gesture, Safari improvements, and font management

Hal lain yang banyak dikeluhkan oleh pengguna iOS adalah tidak adanya sistem pembatalan standar, yang pada iPhone dan iPad saat ini membutuhkan perangkat yang mengguncang secara fisik.Dengan iOS 13, Apple memperkenalkan standar baru membatalkan isyarat untuk input teks pada iPad. Gerakan dimulai dengan ketukan tiga jari pada area keyboard, geser ke kiri dan kanan memungkinkan pengguna untuk membatalkan dan mengulangi tindakan secara interaktif.Akan ada tutorial saat pertama kali keyboard dibuka untuk mengajari pengguna cara menggunakan fitur baru. Ada kemungkinan bahwa pengembang akan dapat mengadopsi interaksi ini dalam kontrol khusus melalui API publik.Safari di iOS 13 untuk iPad akan secara otomatis meminta versi desktop situs web bila perlu, mencegah masalah umum di mana situs web akan membuat versi iPhone mereka bahkan ketika berjalan di iPad dengan layar besar. YouTube terkenal karena perilaku ini, memaksa pengguna untuk mengandalkan tombol ‘Permintaan Situs Web’.Manajemen font mendapatkan peningkatan besar pada iOS 13. Tidak perlu menginstal profil untuk memasukkan font baru ke dalam sistem lagi. Sebagai gantinya akan ada panel manajemen font baru di Pengaturan. Komponen pemilih font standar baru akan tersedia untuk pengembang dan sistem akan memberi tahu pengguna ketika mereka membuka dokumen yang tidak memiliki font.

Smarter Mail, improved multiple item selection, more

Aplikasi Mail semakin pintar untuk pertama kalinya dalam beberapa saat: aplikasi yang ditingkatkan akan dapat mengatur pesan ke dalam kategori seperti pemasaran, pembelian, perjalanan, “tidak penting” dan banyak lagi, dengan kategori yang dapat dicari. Pengguna juga akan dapat menambahkan pesan ke antrian “baca nanti” mirip dengan aplikasi email pihak ketiga.Para insinyur juga berupaya untuk membawa kolaborasi yang mudah ke aplikasi berbasis dokumen pihak ketiga, mirip dengan apa yang sudah tersedia di aplikasi produktivitas Apple sendiri termasuk Halaman, Angka, dan Keynote.Fokus pada produktivitas di iOS berlanjut dengan dimasukkannya gerakan baru untuk memungkinkan pemilihan beberapa item dalam tampilan tabel dan tampilan koleksi, yang merupakan pengganti sebagian besar antarmuka pengguna yang ditemukan di aplikasi yang mendaftar sejumlah besar data. Pengguna akan dapat menyeret dengan banyak jari pada daftar atau kumpulan item untuk menggambar pilihan, mirip dengan mengklik dan menyeret Finder di Mac.Juga akan ada kemampuan bagi pengembang untuk menggunakan gaya bilah status yang berbeda (terang atau gelap) untuk setiap sisi splitview dalam aplikasi, yang seharusnya mencegah masalah yang saat ini terjadi di beberapa aplikasi di mana bilah status akan kurang kontras dengan latar belakang di satu sisi splitview. Split Views pada aplikasi Marzipan berdasarkan desain iPad yang berjalan di Mac akan mendapatkan kemampuan untuk diubah ukurannya dengan menyeret pembagi dan mengatur ulang posisi mereka ketika mengklik dua kali pembagi, seperti aplikasi Split View yang ada di Mac.

Volume HUD Baru dan perubahan lainnya

Fitur-fitur lain yang akan hadir dengan iOS 13 termasuk aplikasi Remindersed yang didesain ulang, yang juga datang ke Mac, volume HUD baru (yang mencolok saat ini telah menjadi lelucon UI untuk sementara waktu sekarang), penolakan “Hey Siri” yang lebih baik untuk kesalahan umum suara-suara seperti tawa dan tangisan bayi, dukungan multibahasa yang lebih baik untuk keyboard dan dikte, dan memperluas kontrol pencetakan dalam aplikasi.

Tinggalkan Balasan