Hii guys di pertemuan kali ini gw pengen bahas setup audio recording mulai dari Mic sampai Headphone dibawah 5 juta dan yuk langsung aja cekidot!

  • Audio Interface

Oke yang pertama pengen gw bahas disini adalah audio interface. Nah apa itu audio interface? ”Audio interface is, quite simply, what you need to get sound in and out of your computer” Simpelnya audio interface adalah yang kalian butuhkan buat record suara di komputer kalian. Nah pilihan gw disini yang the best for the bucks jatuh ke scarlett solo 2nd gen.

Scarlett solo 2nd gen ini dibanderol dengan harga 1.5 jutaan dan dengan harga segitu, gw rasa ini merupakan the best budget audio interface buat keperluan audio dan recording kalian. Dibagian depan terdapat 1 mic input dan instrument input beserta volume adjustment dan audio jack 6.5mm dibagian pojok kanan. Semisal headphone output kalian menggunakan 3.5mm jack berarti kalian perlu adapter dari 3.5mm ke 6.5mm

Build qualitynya solid dan sturdy, terdapat alumunium finish dibagian atas jadi kesanya ga murahan sama sekali. Dan terlebih lagi kalian dapet free beberapa software exclusive dari sana seperti abeltone live lite.

  • Mic

Karena kita ngomongin audiointerface diatas, maka tentu aja mic yang bakal gw bahas disini adalah mic xlr bukan usb, karena kalau kalian pake mic usb, maka gaperlu audio interface yang itu masuk ke pembahasan lain.

Nah pilihan yang the best for the bucks disini adalah Audio technica ATH AT2020 dengan harga 1.3 jutaan. Build quality sturdy, solid dan seperti tank. Jujur butuh berkali2 jatuhin ini mic biar micnya rusak haha. Mic ini merupakan xlr condenser cardioid mic yang artinya cardioid itu micnya hanya bisa record 1 arah yaitu dari depan.

Suaranya stock langsung udah ready dan bagus, kalau kalian mau EQ bisa lebih enak dan crispy lagi, buat yang mau tonton review gw, bisa dilihat disini :

  • Headphone

Yang terakhir disini adalah headphone yaitu untuk monitoring suara kalian ketika record, dan pilihan gw disini jatuh ke ath m50x. Kalian gabisa salah ambil headphone ini, suaranya bagus dan jelas. Kalian juga bisa lihat review nya disini :

Ada juga opsi lain semisal kalian mau naik level dikit, bisa coba ath msr 7 yang reviewnya bisa kalian lihat disini :

Pembahasan lebih lengkapnya bisa kalian lihat disini :

Bagaimana menurut kalian?

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *